skip to main | skip to sidebar

Rizky Nadir Fabastian

  • Entries (RSS)
  • Comments (RSS)
  • Home
  • About Us
  • Archives
  • Contact Us

Selasa, 22 Mei 2012

PENGERTIAN PSA, SOT, and Chromakey

Diposting oleh Rizky Nadir Fabastian di 06.30
PSA atau Public Service Announcement lazim disebut sebagai iklan layanan masyarakat.Pada dasarnya PSA adalah semacam pemberitahuan yang ditujukan pada kelompok masyarakat (pengumuman).PSA dapat dibuat dalam format cetak , audio maupun audio visual (rekam-tayang) Dari sifatnya yang merupakan pemberitahuan yang non komersil, maka PSA biasanya dapat ditayangkan pada statsiun TV maupun stasiun radio tanpa dipungut biaya. Khusus untuk media televisi, PSA harus dirancang mengikuti kaidah-kaidah suatu paket rekam tayang. Di antaranya yang terpenting adalah : durasi. Sebuah PSA untuk TV maupun radio sebaiknya memiliki durasi yang sama dengan durasi sebuah spot iklan, yaitu 30 second, atau kelipatannya. (namun tak melebihi 1 menit). Berbagai macam jenis PSA dapat dibuat, seperti : pemberitahuan reuni suatu SMA / Universitas , Pemberitahuan dari PLN akan adanya pemadaman listrik, Pemberitahuan dari DEPKES tentang wabah penyakit yang sedang menjalar dan cara menyikapinya, Pencegahan penggunaan Narkoba , Pencegahan terhadap HIV AIDS , Pencegahan Flu Burung, Pemberitahuan mengenai bahaya merokok , Pemberitahuan awal akan terjadinya banjir pada sebuah wilayah, Anjuran untuk tidak membuang sampah sembarangan, Anjuran untuk membatasi kelahiran (KB) , Anjuran untuk tidak membeli film bajakan (anti piracy) dsb,dsb. Dalam bahasan selanjutnya, hanya akan dibahas mengenai PSA untuk ditayangkan di TV stasiun. Selain sangat dibatasi oleh waktu agar sesuai dengan penyusunan program TV, sebuah PSA dalam bentuk rekam-tayang juga harus dibuat dalam format yang sesuai dengan format rekam broadcasting standart. Dalam hal ini TV stasiun biasanya menggunakan format rekam Betacam. Dengan demikian sebuah PSA yang dibuat untuk ditayangkan di TV, bentuk akhirnya harus diusahakan dalam format rtekam Betacam Sebuah PSA tidak boleh mengandung pesan sponsor dari produk-produk komersil, jika tidak ingin dikenakan biaya penayangan di stasiun TV. Sebuah PSA juga dibuat sederhana agar tidak menggunakan budget produksi yang mahal, karena biasanya dibiayai oleh kelompok yang berkepentingan dan non komersil. Namun perusahaan-peruisahaan besar ada kalanya membuat PSA dengan menggunakan bintang film komersil untuk lebih menarik perhatian. Untuk jenis PSA yang demikian biasanya perusahaan juga memberikan budget untuk penayangan PSA tersebut pada stasiun-stasiun TV yang dipilihnya. Konsep PSA basic nya adalah : sebuah pemberitahuan singkat, sebuah pengumuman, ataupun suatu anjuran, seruan / pesan . Namun oleh para kreatif, sebuah PSA dibuat menjadi lebih menarik. Jadi teknik penyampaian PSA dapat disampaikan dengan berbagai cara yang kreatif. Untuk itu, konstruksi sebuah PSA terdiri dari : a. Tema b. Pesan Contoh : Sebuah PSA bertemakan GLOBAL WARMING (pemanasan global) Maka bagian awal dapat berisi tentang bahaya dari meningkatnya global warming, kemudian diakhiri dengan pesan agar kita berpartisipasi untuk mengatasi penyebab terjadinya global warming PROGRAM SPOT Pengertian Program SPOT SPOT di dalam hal ini dapat diartikan SINGKAT. Untuk sebuah program atau acara TV, durasi berkisar antara 10 detik sampai sekitar 1.5 menit, tergolong sangat singkat. Satuan durasi sebuah program TV pada umumnya adalah kelipatan dari 30 menit. Biasanya 30 menit, 1 jam atau 1.5 jam. Hanya program IKLAN yang mempunyai satuan durasi kelipatan dari 30 detik. Atau biasa dikatakan setiap 30 detik disebut : satu spot . Iklan komersil adalah merupakan contoh paling mudah untuk mengerti program spot. PSA atau Public Service Announcement atau Iklan Layanan Masyarakat adalah salah satu bentuk program spot juga Jadi program spot adalah sebuah program yang sangat singkat, dibuat dengan tujuan untuk mempengaruhi atau mengajak pemirsa kepada tujuan-tujuan tertentu. Program spot biasanya merupakan sebuah pesan singkat. Mengapa sebuah pesan dibuat demikian singkat? Hal ini sehubungan dengan jangka waktu perhatian manusia. Bahwa jangka waktu perhatian manusia sangat dipengaruhi oleh minat dan usia. Program spot dibuat bagi pemirsa TV yang hanya memiliki jangka waktu perhatian sangat pendek. Jangka waktu perhatian adalah : rentang waktu di mana seorang tetap tertarik menonton TV atau mendengarkan siaran radio. Jangka waktu perhatian manusia untuk mendengarkan radio atau menyaksikan TV ternyata tergolong sangat singkat dibandingkan dengan jangka waktu perhatiannya untuk kegiatan lain seperti mengobrol,nonton film atau bermain video game. Jangka waktu perhatian juga sangat dipengaruhi oleh usia ,minat dan keterpelajaran seseorang. Suatu pengamatan empirik menemukan suatu fakta bahwa: • Jangka waktu perhatian anak-anak kecil lebih singkat dibandingkan dengan anak remaja • Jangka waktu perhatian seorang terpelajar jauh lebih lama dibandingkan dengan dengan orang yang tidak terpelajar. Tentu saja jangka waktu perhatian juga bergantung kepada manfaat dari tontonan yang disaksikan. Orang terpelajar akan memberikan jangka waktu perhatian lebih lama dan seksama pada tontonan-tontonan yang bermanfaat dan menarik minatnya. Seorang penggemar sepak bola akan mau mendengarkan analisa seorang pembawa acara pertandingan sepakbola dengan jangka waktu perhatian yanglebih panjang ,dibandingkan dengan orang yang tidak menyenangi olahraga. Oleh karena itu diperlukan suatu SPOT PROGRAM untuk mencapai golongan pendengar atau penonton yang biasanya tidak tertarik dan tidak berminat pada subyek, yaitu para pengengar dan para penonton yang tidak cukup terpelajar dan belum cukup dewasa untuk mampu mencernakan isi suatu program. Tentu saja hal ini tidak berlaku mutlak-mutlakan. Bahwa ada orang-orang kurang terpelajar mau memberikan jangka waktu perhatian yang cukup panjang mungkin saja terjadi. Namun seorang produser acara TV harus memiliki pengertian dan kesadaran rasa mengenai jangka waktu perhatian dalam melakukan pekerjaan sehari-hari mempersiapkan sebuah program. Sebuah spot program dimaksudkan sebagai sesuatu yang menyerobot perhatian dalam waktu yang sangat singkat, sehingga penonton tak perlu menyisihkan waktu yang sangat spesial untuk menyaksikan, namun cukup sejenak saja. Oleh karena sifatnya yang berusaha menyerobot perhatian pemirsa itu, maka sebuah spot program harus memiliki kekuatan konsep :Sangat singkat namun sangat jelas maksudnya. PROGRAM SPOT bisa berupa slogan, saran bijak, anjuran, Sikap menghadapi keadaan darurat, peringatan dan lain-lain untuk masyarakat (PSA=Public Service Announcement). Bahkan kata-kata mutiara (wise word) juga dapat disampaikan dengan program spot, seperti: Berakit-rakit kehulu,berenang-renang ketepian, Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian Janji adalah hutang :Ikan sepat ikan gabus, makin cepat dilunasi,makin bagus ..! Contoh 1: program spot untuk saran bijak : Untuk menghimbau masyarakat agar berhati-hati dalam mengemudi di jalan raya NARASI: “Benar saja belum cukup untuk selamat di jalan raya,namun berhati-hatilah terhadap orang bodoh. BE CAREFUL WITH THE FOOLS..” VISUAL:Untuk menggambarkan program spot di atas bisa dibuat visualisasinya : sebuah adegan di mana seorang pengendara mobil yang berada di perapatan lampu merah-hijau. Ketika lampu hijau menyala, si pengemudi langsung tancap gas tanpa lihat-lihat lagi, tanpa dinyana, seorang pengendara vespa nyelonong menyebrang dengan seenaknya, maka tertabraklah vespa itu. Contoh 2: program spot untuk sikap menghadapi keadaan darurat NARASI:”Jangan panik jika terjadi gempa ! Jika kamu berada di dalam kelas, segeralah berlindung di bawah meja ! VISUAL:Disebuah kelas, di mana dengan tehnik yang mudah bisa dibuat seakan-akan terjadi gempa bumi. Pada saat itu para siswa segera berlindung di bawah meja masing-masing, sehingga ketka ada lampu atau benda berat yang jatuh, siswa tidak tertimpa. Contoh 3: program spot untuk peringatan: Untuk memperingati bahaya merokok NARASI:”Seberapa kuatkah paru-paru anda mampu bertahan ? VISUAL:Diperlihatkan dengan animasi : seorang yang merokok, asapnya berupa tar dan Hidrokarbon seperti cairan aspal yang perlahan-lahan membungkus paru-paru sampai tidak bisa bernafas lagi. Peringatan yang terdapat dalam setiap bungkus rokok yang berbunyi: “MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER,SERANGAN JANTUNG,IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN” juga dapat dibuat menjadi program spot Jadi jelas bahwa iklan komersil mengambil bentuk program spot, karena sifatnya yang hendak mempengaruhi pemirsa dalam waktu singkat untuk membeli produknya. Dalam stasiun TV non komersil program spot digunakan untuk hal-hal sebagai berikut: 1.Menceritakan atau memberitahukan peristiwa atau program penting yang akan disiarkan (promosi program) 2.Memberikan kritik atau komentar terhadap peristiwa atau perbuatan dari hal-hal yang terjadi dimasyarakat, memberikan saran atau solusi pada permasalahan yang terjadi di masyarakat (PSA) 3.Memberikan peringatan dini terhadap bahaya Sebuah program spot akan sangat efektif jika diputar berkali-kali pada waktu-waktu yang tepat. Agar program spot dapat mencapai tujuan dengan efektif, perlu diingat ketika menyusun konsepnya, seperti: Sampaikanlah hanya satu permasalahan dalam sebuah program spot, jangan bermacam-macam sekaligus. Secara teknis struktur di bawah ini merupakan unsur-unsur yang perlu diperlukan dalam pembuatan program spot: a. Jingle, yaitu musik yang diciptakan secara khusus untuk spot tersebut,yangmalah sering sangat diingat oleh para pemirsa dan pendengarnya. b. Pokok Informasi, yaitu bagian terpenting yang akan disampaikan dalam spot, biasanya mengandung ide atau motivasi c. saran ataupun ajakan, dorongan ataupun pemberian semangat (tag line). Biasanya diletakkan diakhir bagian spot. Spot komersil dibuat dengan mengingat karakter atau kondisi pemirsa. Dalam hal ini pemirsa dapat digolongkan sebagai: 1. Pemirsa yang belum membutuhkan barang seperti yang diiklankan, akan bersifat netral 2. Pemirsa yang membutuhkan barang seperti yang diiklankan ,tapi belum mengenal. 3. Pemirsa yang sudah tahu dan pernah membeli barang seperti yang diiklankan. Oleh sebab adanya kondisi-kondisi yang demikian itu, iklan dibuat dengan tiga tujuan komersial: 1. mendorong orang yang belum perlu,menjadi butuh ,menjadi ingin, maka iklannya biasanya member ‘iming-iming’ dan bersifat provokatif 2. mendorong orang yang membutuhkan untuk segera membeli dan tidak memilih yang lain. Iklan jenis ini juga menggunakan cara-cara aktif-provokatif 3. mendorong orang yang sudah tahu dan sudah menggunakan untuk tetap menggunakan atau memperbaharui barangnya dengan membeli model baru. Jenis iklan ini biasanya menggunakan cara institutional commercial. TAHAPAN PELAKSANAAN PRODUKSI PROGRAM SPOT 1. Tentukan tema, topik dan jenis spot 2. Buatlah outline dan treatment dari konsep 3. Tentukan siapa saja yang akan membawakan spot tersebut 4. Pengambilan gambar (shooting) 5. Pasca produksi :Editing, termasuk pemasangan musik(jingle) dan narasi, animasi/visual efek. IKLAN KOMERSIL Dalam pembuatan program spot yang berupa iklan komersil terdapat dua macam corak yang umum ditemui,yaitu: 1. Provocative Commercial Yang bersifat menghasut, seringkali tidak jujur dan tidak sopan. Seringkali menjatuhkan saingan bisnis dengan cara kurang etis 2. Institutional Commercial Bersifat menyerahkan sesuatu pada pemirsa, Ada yang berjenis description dengan cara menceritakan Dan yang berjenis information yang menerangkan tentang produk dengan cukup sopan,meskipun masih ada kecenderungan tidak jujur,demi melakukan produknya. Secara umum iklan komersil dibuat dengan memperhatikan hal-hal yang akan menarik pemirsanya, yaitu: a. Interesting (menarik) b. Entertaining (menghibur) c. Amusing (menyenangkan) Selain itu iklan komersil juga harus memperhatikan beberapa prinsip di bawah ini untuk menjaga agar iklan tersebut efektif mencapai tujuan. 1.Informasi keunggulan produk: Misalnya : Sepeda motor paling irit dan paling murah tapi paling kencang larinya Sabun cuci mencuci paling bersih 2.Memuat suatu ide yang inovatif, penemuan baru ,prestasi, maupun slogan yang kreatif. Misalnya dengan kata-kata(tag line) :Terus terang Philip terang terus...!! Dari cara menyampaikan pesan , spot commercial memiliki dua bentuk, yaitu Hard Sale dan Soft Sale.Pada umumnya spot iklan suatu produk langsung menggambarkan jenis produknya secara terang-terangan,karena tidak ada larangan khusus untuk menggunakan produk tersebut disemua lapisan masyarakat. Akan tetapi untuk produk-produk tertentu seperti rokok,alat-alat kontraseptik dan obat kuat ,cara menampilkan iklannya tidak dapat langsung dengan menggambarkan penggunaan produk tersebut,oleh karena itu harus dibuat suatu perumpamaan baik melalui kata-kata maupun gambar yang dapat secara halus menyampaikan pesan produk tsb. Iklan masa kini mencoba lebih cerdas memanfaatkan bahasa gambar. Iklan-iklan kreatif ini menampilkan gagasan yang cerdas, tak membodohi penonton. CHROMAKEY Chromakey atau blue screen / green screen, juga disebut color keying , color separation overlay (CSO) adalah sebuah tehnik yang digunakan dalam perfilman maupun pertelevisian, untuk mengganti warna latar belakang dengan sebuah gambar latar belakang yang lain Dengan menggunakan teknik chromakey, latar belakang dari obyek yang direkam dengan camera video bisa diganti-ganti dengan latar belakang lain yang dikehendaki. Chromakey adalah tehnik untuk menggabungkan dua gambar yang dibuat dengan camera video sekaligus, di mana sebuah warna latar belakang dari sebuah gambar dihilangkan (dibuat menjadi transparan), digantikan dengan gambar lain di belakangnya. Untuk dapat menghilangkan latar belakang sebuah obyek yang direkam dengan camera video, maka di belakang obyek tersebut dipasang sebuah layar berwarna hijau atau biru. Kemudian dengan melalui proses composit, latar belakang berwarna hijau atau biru itu dilenyapkan dengan membuat warna tersebut menjadi sangat tipis atau transparan. Dengan demikian jika gambar obyek yang telah tidak mempunyai latar belakang itu disatukan dengan sebuah obyek gambar lain, maka obyek gambar lain itu langsung menjadi latar belakang yang baru. Sebetulnya tidak hanya latar belakang berwarna hijau atau biru saja yang dapat digunakan dalam proses chromakey, sembarang warna solid bisa digunakan. Namun warna hijau dan biru dipilih karena tidak sama warnanya dengan manusia. Kecuali pada orang yang berwarna mata hijau atau biru. Untuk kasus orang yang bermata hijau, maka digunakan layer latar belakang biru, dan sebaliknya untuk warna mata biru, digunakan warna latar belakang hijau. Chromakey proses berdasarkan pada luminance key. Dalam luminance key segala sesuatu dalam gambar dapat diatur tingkat kecerahannya (brightness level) dari sangat jelas, sampai menghilang (transparan) Proses chromakey biasa dilakukan dalam pertelevisian, misalnya untuk membe ri latar belakang seorang pembaca berita. seorang anchor di studio televisi biasanya membacakan berita dibelakang sebuah meja dengan latar belakang dinding. Agar latar belakang pembaca berita tersebut lebih indah maka dilakukanlah proses chromakey, yaitu latar belakang pembaca berita diberi layar hijau atau biru. Selanjutnya setelah gambar direkam,atau dapat juga dilangsungkan secara live, latar belakang tersebut di hilangkan, ditukar dengan gambar adegan atau pemandangan yang bagus. Teknik chromakey juga biasa digunakan dalam acara ramalan cuaca, di mana presenter ahli cuaca terlihat berdiri di depan sebuah gambar peta besar. Tapi sesungguhnya di studio presenter tersebut hanya berdiri di depan sebuah dinding latar dan lantai berwarna biru atau hijau . Jadi ahli cuaca (meteorologist) itu berdiri di depan blue screen, sementara gambar sebuah peta cuaca ditambahkan pada bagian yang berwarna biru tersebut. Peta cuaca tersebut dapat berubah-ubah ,sesuai dengan isi ramalan, dan si meteorologist seakan berada di dalam peta. Jika presenter tersebut memakai baju berwarna biru juga, maka bajunya akan hilang dan bertukar dengan back ground video,yaitu peta cuaca. Oleh karena itu obyek yang hendak diberi efek chromakey harus menggunakan pakaian yang tidak sewarna dengan back ground blue atau green screen. Dalam pembuatan sinetron, teknik chromakey sering digunakan untuk membuat efek semisal : kepala manusia yang berjalan, yaitu dengan membalut si pemain yang berjalan dengan kain biru dari kaki sampai pundak, kemudian digabungkan dengan hasil rekaman video sebuah jalan di kampung. Sering juga di buat efek orang terbang di antara awan, dengan cara menengkurapkan pemain di atas sebuah meja berlapis kain biru, kemudian digabung dengan hasil rekaman langit dan awan Untuk membuat latar belakang (blue atau green screen) dapat digunakan kain, cat tembok (jangan yang gloss) atau kertas. Usahakan menggunakan warna hijau atau biru yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Pencahayaan. Dalam penggunaan teknik chromakey, pencahayaan banyak menentukan keberhasilan atau kegagalan. Cahaya yang sampai ke screen (blue atau green) harus merata dengan intensitas yang secukupnya. Hindari menempatkan lampu yang disorotkan kearah obyek di depan screen, karena akan menimbulkan bayangan,sehingga hasilnya tidak akan memuaskan. Untuk menghasilkan cahaya yang lembut dan merata, biasa digunakan plastic film untuk memantulkan atau melunakkan cahaya dari lampu. Software. Untuk melakukan proses chromakey, sebetulnya setiap software digital editing dapat digunakan, namun software Pinnacle cukup lumayan mudah penggunaannya. Sebetulnya tidak hanya latar belakang berwarna hijau atau biru saja yang dapat digunakan dalam proses chromakey, sembarang warna solid bisa digunakan. Namun warna hijau dan biru dipilih karena tidak sama warnanya dengan manusia. Kecuali pada orang yang berwarna mata hijau atau biru. Untuk kasus orang yang bermata hijau, maka digunakan layer latar belakang biru, dan sebaliknya untuk warna mata biru, digunakan warna latar belakang hijau. Chromakey proses berdasarkan pada luminance key. Dalam luminance key segala sesuatu dalam gambar dapat diatur tingkat kecerahannya (brightness level) dari sangat jelas, sampai menghilaaran) Proses chromakey biasa dilakukan dalam pertelevisian, misalnya untuk membe ri latar belakang seorang pembaca berita. seorang anchor di studio televisi biasanya membacakan berita dibelakang sebuah meja dengan latar belakang dinding. Agar latar belakang pembaca berita tersebut lebih indah maka dilakukanlah proses chromakey, yaitu latar belakang pembaca berita diberi layar hijau atau biru. Selanjutnya setelah gambar direkam,atau dapat juga dilangsungkan secara live, latar belakang tersebut di hilangkan, ditukar dengan gambar adegan atau pemandangan yang bagus. Teknik chromakey juga biasa digunakan dalam acara ramalan cuaca, di mana presenter ahli cuaca terlihat berdiri di depan sebuah gambar peta besar. Tapi sesungguhnya di studio presenter tersebut hanya berdiri di depan sebuah dinding latar dan lantai berwarna biru atau hijau . Jadi ahli cuaca (meteorologist) itu berdiri di depan blue screen, sementara gambar sebuah peta cuaca ditambahkan pada bagian yang berwarna biru tersebut. Peta cuaca tersebut dapat berubah-ubah ,sesuai dengan isi ramalan, dan si meteorologist seakan berada di dalam peta. Jika presenter tersebut memakai baju berwarna biru juga, maka bajunya akan hilang dan bertukar dengan back ground video,yaitu peta cuaca. Oleh karena itu obyek yang hendak diberi efek chromakey harus menggunakan pakaian yang tidak sewarna dengan back ground blue atau green screen. Dalam pembuatan sinetron, teknik chromakey sering digunakan untuk membuat efek semisal : kepala manusia yang berjalan, yaitu dengan membalut si pemain yang berjalan dengan kain biru dari kaki sampai pundak, kemudian digabungkan dengan hasil rekaman video sebuah jalan di kampung. Sering juga di buat efek orang terbang di antara awan, dengan cara menengkurapkan pemain di atas sebuah meja berlapis kain biru, kemudian digabung dengan hasil rekaman langit dan awan Untuk membuat latar belakang (blue atau green screen) dapat digunakan kain, cat tembok (jangan yang gloss) atau kertas. Usahakan menggunakan warna hijau atau biru yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Pencahayaan. Dalam penggunaan teknik chromakey, pencahayaan banyak menentukan keberhasilan atau kegagalan. Cahaya yang sampai ke screen (blue atau green) harus merata dengan intensitas yang secukupnya. Hindari menempatkan lampu yang disorotkan kearah obyek di depan screen, karena akan menimbulkan bayangan,sehingga hasilnya tidak akan memuaskan. Untuk menghasilkan cahaya yang lembut dan merata, biasa digunakan plastic film untuk memantulkan atau melunakkan cahaya dari lampu. Software. Untuk melakukan proses chromakey, sebetulnya setiap software digital editing dapat digunakan, namun software Pinnacle cukup lumayan mudah penggunaannya.
Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Bagikan ke X Berbagi ke Facebook

4 komentar:

FerySF mengatakan...

bagikan Sesuatu yang Iklhas lah Gan...
Pening Baca nya.. -_-

4 Juni 2014 pukul 18.37
Unknown mengatakan...

tulisannya kekecilan gan....
susah bacanya..

2 Februari 2015 pukul 23.27
Unknown mengatakan...

tulisannya joss banget gan -,-

11 Maret 2016 pukul 04.48
motionLED mengatakan...

Sangat membantu

7 Agustus 2018 pukul 04.57

Posting Komentar

Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Sponsored

  • banners
  • banners
  • banners
  • banners

Change Background











Biodata

Rizky Nadir Fabastian
Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia
Lahir : Jakarta, 11 05 1994 Status : Mencari kerja Part Time
Lihat profil lengkapku
Rizki. Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

  • ▼  2012 (4)
    • ▼  Mei (4)
      • PENGERTIAN PSA, SOT, and Chromakey
      • CHROMAKEY
      • Discount Khusus Produk oriflame
      • Soal Matematika nih dari pada kosong
 

© 2010 My Web Blog
designed by DT Website Templates | Bloggerized by Agus Ramadhani | Zoomtemplate.com